Cara Setting Access Point TP Link dan Penjelasannya

Kali ini saya mau sharing cara setting access point nih, yaitu access point TP Link. Seri yang saya gunakan disini adalah TL-WR841HP.

oh ya, Wireless ini bisa juga kita sebut sebagai router loh, karena fitur yang dimiliki dari TP Link ini sehingga selain sebagai access point tetapi juga sebagai Router.

Disini kita akan mengkonfigurasi TP Link ini dengan konfigurasi standar yaitu sebagai router dan juga access point. Tentunya TP Link ini harus dapat menyebarkan internet ke user.

Topologi

TP Link yang ada ditengah ini akan berfungsi sebagai router yang akan menyediakan internet ke kabel lan dan juga ke jaringan wireless yang dimiliki TP Link ini. Sebelum memulai konfigurasi pastikan hal hal dibawah ini telah terpenuhi.
1. Access Point TP Link
2. Laptop / PC
3. Internet

Minimah nomor 1 dan 2 sudah terpenuhi terlebih dahulu yaitu access point dan  PC. selanjutnya kita langsung masuk ke dalam konfigurasi TP Link ini.

Step-by-Step Setting Access Point TP Link

1. Pastikan telah teman-teman telah mengkoneksikan laptop TP Link dan internet sudah seperti topologi diatas.

2. Selanjutnya adalah masuk kedalam TP Link menggunakan Web Browser. boleh menggunakan mozzila, chrome, ataupun browser yang lainnya. Pada browser masukkan ip 192.168.0.1 yaitu ip address dari TP Link.

3. Selanjutnya masukkan username dan password. secara default username dan password TP Link adalah username : admin dan password : admin.
4.  Sekarang kita perlu mengatur ip address yang menghubungkan router TP Link dengan Internet. untuk internet disini yang saya maksudnya bisa modem yang dimana modem tersebut akan memberikan ip secara otomatis ke TP link ini.
pada menu Network, klik WAN kemudian pastikan WAN connection type adalah Dynamic IP. setelah itu klik detect, dengan fitur detect ini akan memberitahukan anda apakah TP Link ini bisa mendapatkan ip address atau tidak.
ketika tulisan di samping adalah Dynamic IP artinya TP Link bisa mendapatkan ip address dari internet secara dinamik.
  
5. pada step ke-5 ini teman-teman perlu mengklik save yang dimana TP Link akan segera meminta ip address ke modem internet.

Setelah itu pastikan teman-teman telah mendapatkan ip address pada TP Link tersebut.

6.  Sekarang satu langkah yang penting yaitu memeriksa koneksi internet pada TP Link dengan cara tes ping ke 8.8.8.8. harus nya hasil dari ping tersebut adalah reply yang artinya router sudah terhubung dengan internet.

 

 7.  sekarang yang perlu kita lakukan adalah mengkonfigurasi ip address. sebenarnya ip address pada TP Link untuk arena Lan dan wireless sudah ada settingan default yaitu 192.168.0.1/24. tetapi disini kita akan mengkonfigurasi lan pada TP Link ini dengan menggunakan ip 192.168.1.1/24
Setelah itu teman-teman klik tombol save yang dimana perangkan akan diminta untuk restart.
8. Selanjutnya adalah mengkonfigurasi wireless pada TP Link sehingga TP Link ini akan menyebarkan sinyal wifi sehingga orang-orang dapat terkoneksi dengan jaringan wifi.
pada menu wirelss klik wireless settings kemudian ubah name menjadi nama yang teman-teman inginkan. disini saya menggunakan nama IT-Borneo.

 

Setelah itu silahkan di save.
9. Selanjutnya adalah memberi password pada wifi tersebut agar tidak sembarang orang dapat terkoneksi dengan wifi yang kita buat. untuk mengkonfigurasi password ini masih pada menu wireless kemudian pilih wireless security dan isi pada wirelss password dengan password yang teman-teman inginkan.

10.sekarnag coba teman-teman konek ke wireless dan coba ping ke google.com . seharusnya laptop teman-teman sudah dapat terhubung dengan internet.

11. Sebagai tambahan disini kita juga mengkonfigurasi jam nya. pada menu System Tools kemudian klik Time setting dan klik get GMT.

Oke, selesai sudah pembahasan konfigurasi pada artikel ini. jika teman-teman masih ada yang bingung atau mengalami kesulitan silahkan comment dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *