Perlu Gak Sih Sertifikat CCNA?

perlu gak sertifikat CCNA ? Kalau punya sertifikat CCNA untungnya apa ? kenapa perlu CCNA ? apa itu CCNA ?

Setidaknya pertanyaan tersebut yang sering ditanyakan oleh kebanyakan orang yang baru mempelajari jaringan khususnya perangkat jaringan cisco.

Sebelum membahas tentang CCNA ini kita perlu membahas kriteria penting apa saja yang dinilai perusahaan saat interview.

Kriteria yang diperlukan oleh perusahaan

setidaknya ada tiga kriteria yang sangat penting buat teman-teman ketika akan mecari pekerjaan di sebuah perusahaan.

tiga kriteria ini diluar dari kriteria yang melibatkan sifat kita, seperti rajin memberikan laporan ke atasan, tidak menyalah gunakan uang kantor, dan sebagainya

1. Pengalaman


Image Source : refereemindset.com

Kriteria yang paling dilihat oleh perusahaan adalah pengalaman. hal ini tidak dapat terelakkan. karena dengan pengalaman orang-orang dapat berubah menjadi lebih baik.

Selain itu dengan pengalaman juga membuat orang tersebut tau bagaimana harus bekerja

2. Skill

Image Source : charlessanger.com

yang Kedua adalah Skill, orang yang berpengalaman pasti memiliki skill di suatu pekerjaan tertentu tetapi orang yang memiliki sertifikasi juga harusnya memiliki skill-skill yang dipelajari dari materi-materi Sertifikasi. contohnya ish sertifikat dari sertifikasi CCNA

3. Sertifikasi / Sertifikat

Image Source : learning.nil.com

Nah, yang ketiga adalah sertifikasi, dengan sertifikasi berarti skill kita diakui oleh suatu lembaga seperti Cisco dengan CCNA nya Mikrotik dengan MTCNA, dan sebagainya.

Dengan sertifikasi akan mempermudah teman-teman dalam interview karena dari sertifikasi tersebut seharusnya sudah terlihat skill-skill apa saja yang teman-teman sudah miliki.

Apa itu CCNA?

CCNA atau Cisco Certified Network Associate adalah sertifikasi dari cisco yang diperuntukkan Network Enggineer.

Sertifikasi CCNA ini adalah pengakuan dari cisco bahwa pemilik CCNA ini telah mengikuti exam CCNA yang berarti bahwa orang tersebut telah paham semua materi yang ada pada CCNA.

Ada tiga kategori sertifikasi dari cisco yang cukup banyak diambil oleh Network Engineer. untuk CCNA sendiri merupakan sertifikasi dasar.

Image Source : IT-borneo.id

Meskipun Sertifikasi CCNA ini merupakan sertifikasi basic dari Cisco, Tetap saja pemilik sertifikasi CCNA ini sangat banyak dicari oleh perusahaan.

Bahkan banyak perusahaan besar menjadikan CCNA ini sebagai standar untuk diterima kedalam perusahaan tersebut.

Materi sertifikasi CCNA

Setidaknya ada 7 materi utama yang diujikan pada CCNA ini dan semua materi CCNA ini merupakan

Image Source : cisco.com

Biaya Ujian sertifikasi CCNA

Ini yang menjadi kendala utama kebanyakan orang-orang tidak mau mengambil sertifikat CCNA. yaitu biaya sertifikat CCNA ini.

Untuk sertifikat CCNA teman-teman harus mengeluarkan 325 US Dollar. Kalau dalam mata uang Rupiah indonesia 325 US dollar ini sekitar Rp 4.500.000,- .

Biaya ini tentu diluar biaya administrasi tempat teman-teman ujian.

Image Source : vue.com

dengan membayar 325 US Dolar ini bukan berarti teman-teman sudah pasti mendapatkan sertifikasi CCNA ini loh

Kenapa?

karena teman-teman perlu mengikuti exam CCNA ini dengan 7 materi yang saya share diatas. Sehingga untuk mengikuti CCNA ini selain mengorbankan uang teman-teman juga perlu mengorbankan waktu untuk mempelajari materi CCNA ini

Sulitkah Ujian sertifikasi CCNA?

Kalau teman-teman mempertanyakan kesulitan dari exam ccna ini maka jawaban saya adalah Sulit.

Mengingat materi yang CCNA yang banyak untuk dipelajari semua.

Tapi semua perjuangan untuk mendapatkan sertifikasi CCNA ini akan terbayarkan dengan salaray yang akan teman-teman terima ketika bekerja nanti.

Keuntungan  pemilik Sertifikat CCNA

Dengan memiliki Sertifikat CCNA tentu saja teman-teman memiliki keuntungan tersendiri.

Keuntungan yang pertama adalah teman-teman akan lebih mudah untuk diterima masuk kedalam perusahaan perusahaan besar yang memerlukan network Engineer.

Saya tidak menjamin 100 %, tapi coba teman-teman pikirikan. Jika ada dua orang pelamar pekerjaan dengan skill yang sama dan yang membedakan mereka hanyalah salah satu dari mereka memiliki sertifikat CCNA dan yang satunya tidak.

kira-kira perusahaan akan hire yang mana? Tentu yang memiliki sertifikat karena orang tersebut sudah diakui oleh perusahaan sebesar Cisco.

Satu hal lagi, banyak perusahaan besar mewajibkan karyawan yang mereka hire adalah pemilik sertifikasi cisco dengan minimal CCNA.

Berapa Gaji pemilik sertifikasi CCNA

Pertanyaan yang sudah pasti teman-teman pikirkan. Disini IT Borneo akan berbagi informasi yang teman-teman dapat gunakan sebagai referensi ketika akan tawar-menawar gaji.

Meskipun informasi ini benar berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman saya bukan berarti setiap perusahaan sama ya.

Image Source : ://www.payscale.com

Sebelumnya teman-teman tau gak gaji network Enggineer Freshgraduate tanpa Sertifikasi? hmm.

kalau diperusahaan tempat saya bekerja yaitu di Kalimantan timur (daerah Kota) gaji sudah diatas UMR, bisa dibilang sudah diatas Rp 2.300.000.

Tetapi beda cerita dengan teman saya dengan perusahaan yang berbeda tetapi masih di kalimantan timur ( daerah kota ) tetapi gaji yang Ia dapatkan sekitar 2.300.000 ini.

Oke, Jadi kita bulatkan saja ke Rp 2.500.000. Jadi gaji untuk Network Engineer Freshgraduate adalah Rp 2.500.000. Pertanyaan sekarang bagaimana jika freshgraduate sudah memiliki CCNA?

Gaji CCNA yang bisa diterima Network Engineer dengan sertifikasi CCNA adalah minimal adalah 4 juta. Yup, perbedaan yang sangat signifikan bukan.

jadi dengan sertifikasi CCNA teman-teman sudah menawar gaji diatas 4 juta untuk daerah kalimantan timur loh ya. untuk daerah seperti jakarta pasti lebih tinggi.

Ingat loh ya,

ini cuman pengalaman pribadi dan teman-teman saya loh ya. Jadi ini hanya sebagai referensi buat teman-teman biar tau. ketika ditanya “mau gaji berapa?”  dari HRD.

Jadi, Perlu gak sertifikasi CCNA?

kalau teman-teman sudah membaca dari awal, saya rasa kita sudah pasti punya satu pendapat yang sama.

Bahwa selain skill kita juga perlu pengakuan. Nah, pengakuan ini adalah salah satunya sertifikasi CCNA dari cisco.

Ingat, gaji CCNA juga sudah tinggi loh. hehehe

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.