Apa itu ERD ? | Pengertian ERD secara Jelas

ERD Icon - IT-borneo.id

Hallo teman-teman IT Borneo, kali ini kita melanjutkan materi database lagi nih. sebelumnya kita sudah membahas mengolah database mySQL tanpa cmd. sekarnag kita akan membahas ERD.

Pengertian ERD

ERD atau Entity Relationship Diagram merupakan salah satu flowchart yang menggambarkan bagaimana entitas seperti orang, objek, dapat saling terhubung.

Dengan adanya ERD maka akan membantu menjelaskan bagaimana proses bisnis yang terjadi dan juga mudah megetahui hubungan dalam suatu database.

Biasanya ERD digunakan ketika akan membuat suatu database untuk suatu sistem informasi atau terkadang juga digunakan untuk memahami database sistem informasi yang sudah berjalan.

Untuk jenis ERD yang dapat digunakan sendiri ada beberapa pilihan. Untuk pada artikel ini sendiri kita akan membahas ERD versi dari Crow’s foot / Martik atau bisa juga kita sebut information Engineering style.

Dalam ERD ada tiga komponen utama yang menjadi bagian penting dari ERD ini yaitu

  1. Entity / Entitas
  2. Attribute / Atribut
  3. Retionship / Relasi

Entitas atau dalam bahasa ingris adalah entity adalah sebuah data mengenai sesuatu. Data tersebut bisa mengenai orang, objek, tempat dan sebagainya. Didalam suatu database Entitas ini adalah tabel dalam database.

Contoh Entitas adalah Entitas  (tabel) pembeli, entitas tb_beli, entitas, tb_produk, dan sebagainya.

Attribute atau atribut adalah sebuah data yang mendeskripsikan dari Entitas yang dimana atribut ini berada didalam dari Entitas.

Contohnya adalah Entitas dari entitas tb_pembeli adalah id_pembeli, nama_pembeli, nomor_hp, alamat, dan sebagainya

Pada Gambar dibawah kita dapat membandingkan yang mana menjadi entitas dan yang mana menjadi atribut.

Entitas yang berwarna biru sedangkan Atribut yang berwarna merah

 

Yang ketiga adalah relasi yang dimana relasi adalah garis yang menghubungkan antar entitas.

Contohnya seperti gambar diatas dimana tb_pembeli dan tb_beli terhubung dengan garis yang berada di id_pelanggan.

Didalam Relasi ada yang namanya cardinality atau kardinalitas.

Kardinalitas pada relasi adalah keterangan tambahan yang ada pada relasi yang digunakan agar dapat lebih memahami isi dari ERD.

Secara garis besar kardinalitas dibagi menjadi 3 yaitu

  1. One-to-one
  2. One-to-many / many-to-one
  3. Many-to-many

One to one hanya mengijinkan relasi antar satu ke satu. contohnya adalah seorang mahasiswa hanya bisa mendapatkan satu id kartu tanda mahasiswa.

One-to-many / many-to-one adalah relasi yang salah satu ke banyak. Contohnya adalah seorang dosen pembimbing yang membimbing beberapa mahasiswa.

Many-to-many adalah relasi banyak ke banyak. Contohnya adalah Mahasiswa diajarkan oleh beberapa dosen dan juga sebaliknya, dosen mengajar beberapa mahasiswa.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *