Cara Mudah Mengelolah Database MySQL tanpa CMD

Hallo teman-teman IT Borneo, Nah kalau di programming itu salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah Database. Tapi yang menjadi masalah terkadang adalah pengetikan sintak pada cmd yang sangat rumit. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu HeidiSQL

Software HeidiSQL adalah sebuah tool yang digunakan untuk mengelolah database dengan mudah. Dengan HeidiSQL kita dapat membuat database, mengedit database, menambahkan maupun menghapus database. Tidak hanya itu kita juga dapat mengiput data dan sebagainya yang dimana caranya lebih mudah dibandingkan harus menggunakan CMD.

Sebelum masuk ke toturial cara mudah mengelola database tanpa CMD teman-teman perlu menginstall software heidiSQL terlebih dahulu. Untuk link download HeidiSQL ada dibawah ini.

https://www.heidisql.com/download.php

Setelah heidiSQL telah diinstall maka kita akan mempelajari cara mudah mengelola database tanpa CMD tetapi melainkan menggunakan heidiSQL.

Kita akan membahasa cara mengelola database diantaranya adalah Cara membuka mysql database dengan heidiSQL, cara mudah menambah  database dengan heidiSQL , cara mudah menambah tabel dan kolom dengan heidiSQL. dan sebagainya.

Cara Membuka MySQL database dengan heidiSQL

Sebelum dapat mengelola database dengan mudah tanpa cmd maka terlebih dahulu kita perlu membuka mysql database dengan menggunakan software heidisql

pertama kita perlu mengaktifkan mysql pada xampp. Jika teman-teman belum memiliki xampp maka berikut ini link download untuk mendownload xampp

https://www.apachefriends.org/download.html

Didalam xampp yang kita butuhkan hanyalah mySQL database, oleh karena itu kita hanya perlu mengaktifkan mySQL database

Sekarang kita perlu menjalankan heidiSQL dan masuk ke mySQL database dengan heidiSQL.

Pertama untuk nama profil saya menggunakan IT Borneo, tetapi sebenarnya tidak masalah untuk menggunakan nama yang lain karena nama tersebut hanya sebagai profile ketika kita menggunakan heidiSQL

Masukkan ip localhost atau bisa ip server mysql yang akan diremote. Jangan lupa untuk memasukkan user dan password untuk mysql database. Untuk default kita menggunakan user root dan password kita kosongkan saja. setelah semuanya telah diisi maka selanjutnya adalah mengklik tombol open.

Cara Mudah Membuat Database dengan HeidiSQL

Sekarang kita perlu untuk membuat database baru. Untuk membuat database baru maka caranya adalah dengan mengklik kanan dari profil IT Borneo kemudian pilih create new Database.

Setelah itu masukkan nama database. Disini saya menggunakan nama database db_itborneo. Setelah itu klik OK.

Yang perlu teman-teman ingat nama database ini juga sangat berpengaruh terhadap aplikasi jadi tentukan nama database yang tepat dan jangan lupa untuk tidak menggunakan spasi.

Cara Mudah Menambahkan tabel dan kolom pada HeidiSQL

Selanjutnya kita perlu untuk menambahkan tabel dan juga kolom. Yang perlu kita lakukan adalah klik kanan pada database yang tadi kita buat yaitu db_itborneo, kemudian pilih Create new Table.

Nah, disini kita perlu memasukkan nama tabel dibagian atas dengan kolom Name. Kemudian untuk menambahkan kolom pada database maka kita perlu mengklik tombol add dan memasukkan nama setiap kolom yang kita perlukan. Jangan lupa juga untuk menentukan tipe data yang akan digunakan.

Setelah semua kolom yang diperlukkan dimasukkan maka jangan lupa untuk menyimpan semua dengan cara mengklik tombol Save.

Cara Mengedit kolom pada HeidiSQL

Sedikit bercerita, satu hal yang sering terjadi dengan database saya ketika saya masih belajar database adalah database saya sering saya ubah-ubah. Jadi kita perlu untuk mengetahui cara mengedit kolom tersebut.

Caranya cukup mudah kok, cukup masuk kedalam tabel database yang ingin dirubah, kemudian edit kolom yang ingin teman-teman edit. Contohnya saya disini menambahkan kolom baru dan juga mengubah length dari kategori.

Jangan lupa klik Save untuk menyimpan tabel yang telah di edit tersebut.

Cara Menghapus kolom pada heidisql

nah, yang terakhir kita akan menghapus kolom pada database, cukup mudah karena kita hanya perlu masuk kedalam tabel kemudian pilih dan remove kolom yang ingin dihapus.

Setelah itu pastikan bahwa teman-teman tidak salah hapus dengan cara melihat kembali isi tabel. Jika sudah pas maka silahkan klik save.

 

Mudah bukan penggunaan Heidi dibandingkan harus menggunakan cmd. jika sudah paham cara mengelola database tanpa cmd ini maka selanjutnya teman-teman bisa belajar bagaimana cara export dan import database mysql menggunakan heidiSQL pada link berikut.

Cara Export dan Import Database mySQL dengan HeidiSQL

Oke, Jika ada pertanyaan mengenai heidiSQL maka silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini, jika kami bisa membantu kami akan menjawab pertanyaan tersebut.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *