Konfigurasi web server dengan ISS pada windows server 2008 dan Penjelasannya

Hallo teman-teman it-borneo yang masih semangat belajar. kalau kemarin kita sudah bahas cara install windows server kalau gitu sekarang kita mau bahas cara install web server di windows server 2008.

langsung aja, yang perlu teman-teman persiapkan disini adalah windows server yang sudah terinstall di pc ataupun virtual dan juga satu jangan lupa harus ada laptop yang menjadi client. kalau teman-teman menggunakan virtual maka cukup dengan satu laptop tanpa harus menambahkan komputer lagi.

Berikut ini skenario yang akan kita konfigurasi pada tutorial ini.

Pada Windows server tersebut kita hanya akan menginstall Web Server dengan IIS. Dengan menggunakan web sever maka kita akan dapat mengakses server pada windows server. pada saat ini kita tidak akan mengubah tampilan IIS tetapi teman-teman nantinya dapat mengubah tampilan dari server ini sesuai dengan keinginan teman-teman.
Oke, kita sekarang masuk ke tutorial install web server pada windows server 2008.
1. Yang pertama yang kita lakukan adalah membuat server manager. server manager ini adalah bagian penting dari windows server karena semua tools yang kita gunakan pada windows server itu di managemen menggunakan server manager.
2. Setelah server manager terbuka selanjutnya adalah membuat pada menu Roles Summary kemudian mengklik Add Roles. fungsi pada step 2 ini adalah menambahkan role baru. role disini bisa dimaksudnya sebagai tugas yang akan kita berikan kepada windows server. roles ini bisa web server, mail server, dhcp server, dan yang lainnya.
3. Pada tahap ini silahkan di Next. pada step ini server memberitahukan teman-teman harus memilik password yang kuat, ip address statik, dan security yang update dari windows update.
 4.  pada step 4 ini kita akan menginstall ISS sebagai web server. teman-teman disini kita memilih web server (ISS).
Setelah mengklik web server akan muncul pemberitahuan, disini teman-teman tinggal mengklik Add Required Features yang artinya server akan menginstall paket paket tambahan agar nantinya windows server dapat dijalankan.
5. pada step ini teman-teman tinggal klik next, pada step ini muncul pengenalan tentang web server. kalau teman-teman ingin memahami lagi, bisa baca introducing pada step ini.
6.  Pada step ini kita akan menginstall paket-paket yang diperlukan, secara default kita sudah bisa langsung next karena paket sudah terpilih secara otomatis.
7. Pada step ini teman-teman klik install untuk menginstall paket-paket yang dipilih sebelumnya.
8. Pada Step ini silahkan tunggu sampai semua paket yang dipilih selesai diinstall.
Setelah instalasi selesai tampilan akan seperti ini.
9. Sekarang kita tes dari server dengan menggunakan internet explorer dengan cara membuka localhost. seharusnya tampilan seperti dibawah ini
10. Pada step ini kita perlu mengatur ip address pada server. untuk mengatur ip address pertama teman-teman perlu membuka network & sharing center kemudian klik manage network connections.

Kemudian pada network connection klik Local Area Connection, disini teman-teman klik ipv4 untuk mensetting ip versi 4.

Disini kita setting ip address 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0. ip ini akan menjadi ip server yang akan diakses dari laptop user.
11.  Selanjutnya setting juga ip address pada user atau laptop teman-teman dengan ip 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.0
12. Setelah selesai dengan ip address sekarang teman-teman buka server dengan menggunakan browser. teman-teman hanya perlu memasukkan ip address pada browser tersebut, dan seharusnya tampilan pada laptop teman-teman sama dengan pada windows server.
Oke, nantikan kelanjutan konfigurasi windows server yang akan dibahas pada web ini dan terima kasih

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *