Konfigurasi DNS Redirect Mikrotik

Hallo teman-teman IT Borneo, Nah, kita sudah membahas banyak Materi Mikrotik nih. Jadi kali ini kita mulai membahas materi-materi yang berat. yang akan kita bahas pada Tutorial ini adalah DNS Redirect

Apa itu DNS Redirect

Saya rasa dari namanya teman-teman pasti sudah dapa menebak apa fungsi dari tutorial DNS Redirect. Yup, Yaitu mengalihkan dns yang digunakan oleh user.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa user terkadang menggunakan dns manual seperti dns google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Kita ingin menghindari ip tersebut dengan alasan kita ingin semua user mengases internet dengan dns nawala.

Sehingga dengan DNS redirect siapapun user yang menggunakan ip dns selain yang kita setting pada router maka akan diarahkan menggunakan dns yang kita tentukan.

Step by step Konfigurasi DNS Redirect

Disini kita akan mengalihkan semua request dns ke dns nawala yaitu 180.131.145.145. Berikut ini summary konfigurasi pada tutorial ini.

  1. Tambahkan rule firewall nat baru dengan chain dstnat protocol tcp, action-nya dstnat to-address=180.131.145.145 dan port 53
  2. Tambahkan rule firewall nat kedua dengan chain dstnat protocol udp action-nya sama seperti rule pertama yaitu to-address=180.131.145.145 port 53

Oke, Kita langsung ke konfigurasi, Pertama kita perlu masuk kedalam konfigurasi Firewall NAT dengan cara masuk ke menu IP kemudian Firewall dan pindahkan ke tab NAT, dan pada konfigurasi nat kita menambahkan Rule baru.

Selanjutnya kita perlu mengisi Chain dengan Dstnat dan protocol tcp,

pindah ke tab Action kita isi Action dengan dst-nat keudian untuk to-address kita isi 180.131.145.145 dengan port 53

Selanjutnya kita perlu menambahkan rule baru dengan rule yang hampir sama. Yang membedakan hanyalah perbedaan protocol. kalau sebelumnya kita menggunakan tcp maka sekarang kita menggunakan udp.

Tambahkan rule dengan Chain=dstnat dan Protocol=udp

untuk action sama seperti langkah sebelumnya.

Test

Sekarang kita perlu pembuktian apakan rule berjalan atau tidak. Pertama dengan menggunakan pc dengan settingan dns static ke 8.8.8.8 kita perlu membuka suatu website pada browser sehinggal akan ada trafik yang lewat pada router mikrotik.

Seperti pada gambar dibawah ini, pada tab Bytes dan Packets terdapat sebuah trafik yang artinya bahwa trafik melewati kedua rules tersebut. Yang artinya bahwa rule tersebut berjalan dengan benar.

Oke, Nantikan Tutorial dan Artikel dari IT Borneo

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *