Kenapa harus bilangan Biner?

Teman-teman pasti sudah tahu bahwa Komputer saling berkomunikasi data menggunakan bilangan biner. tapi teman-teman tahu gak kenapa harus bilangan biner?

Apa itu Bilangan Biner

Bilangan biner adalah bilangan basis dua yaitu 0 dan 1. Berbeda dengan bilangan desimal yang memliki basis 10 yaitu 0 sampai 9. Karena Biner hanya memiliki dua basis data yaitu 0 dan 1 maka biner akan mendefinisikan sesuatu dengan “on” dan “off” atau bisa juga kita sebut sebagai “iya” dan “tidak”

Desimal vs Biner

Desimal merupakan basis data 10 (0-9) dan sangat banyak kita gunakan dikehidupan sehari-hari. untuk menggambarkan angka 17 maka kita mengambil dari basis data 10 tadi yaitu 1 dan 7. Bagamana dengan Biner? Biner hanya menggunakan 2 basis data yaitu 0-1 sehingga penggambarannya adalah 1010 atau 010.

Ya dan Tidak

Ketika berkirim data tentu saya data tersebut tidak boleh ada yang hilang atau rusak dan tentu harus diterima sesuai yang dikirim oleh pengirim. Maka diperlukan sistem komunikasi data yang tidak mudah rusak. Oleh karena itu dipilihkan biner karena hanya memiliki dua basis data yaitu 0 dan 1.  sehingga tentu akan mengurangi resiko data yang rusak .

Bit dan Byte

Bit dan byte ini berbeda. Bit sendiri merupakan satuan yang paling terkecil, dari 8 bit barulah kita bisa mendapatkan 8 Byte. Sehingga kemudian dikelan KiloByte, MegaByte, hingga TeraByte.

Alasan Komputer menggunakan Biner

Hingga saat ini biner merupakan sistem yang digukan untuk meyimpanan data, transfer data dan lain-lain. Tapi kenapa masih menggunakan biner? selain alasan yang saya sebutkan diatas yaitu karena menghindari resiko paket data rusak. Sebenarnya ada alasan yang lebih utama, yaitu karena teknologi komputer saat ini tidak dapat mengenali lebih dari dua state.

Sehinggal alasan utama sampai saat ini kita menggunakan Biner karena teknologi komputer saat ini hanya mampu menggunakan dua state yaitu “ya” dan “tidak”

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *