IPv4 habis?

Gimana nih menurut teman-teman mengenai informasi ini?  IPv4 ini sebenarnya memang benar-benar habis loh. bahkan habis nya ipv4 ini sebenarnya pada tanggal 13 Februari 2011. Informasi ini bisa teman-teman buka pada halaman wikipedia ini. berikut ini screenshot pada bagian awal artikel wikipedia.

Habisnya IPv4 dari IANA

Pada halaman wikipedia ini menyatakan bahwa pada tanggal 3 Februari 2011 IANA mengalokasikan satu blok /8 ke setiap RIR. yaitu APNIC, RIPE NCC, LACNIC, ARIN, dan AFRINIC. kelima blok /8 ini adalah stok unlocated terakhir dari IANA sehingga dari IANA tidak lagi ada blok ip yang akan diberikan.

Dengan pernyataan tersebut maka kita mengetahui bahwa IANA tidak lagi dapat memberikan ip ke setiap RIR. Lantas, apakah ipv4 sudah benar-berar habis?

IPv4 pada Setiap RIR

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Regional_Internet_registry

Jawabannya adalah tidak. setiap RIR diberikan ip dari IANA tetapi bukan berarti ip tersebut langsung terpakai begitu saja. setiap RIR memiliki ip address yang disimpan masing-masing.

Sumber: https://ipv4.potaroo.net/

satu dari lima RIR tersebut harus sudah mulai bermigrasi ke IPv6 yaitu ARIN. Seperti pada diagram diatas. ARIN sudah tidak bisa membagikan IPv4 pada pertengahan 2015 dan 2016. Jadi ARIN merupan RIR yang pertama tidak lagi membagikan IPv4 dan mulai mengadopsi IPv6.

Penyebab IPv4 Habis pada ARIN

Kalau ditanya penyebab IPv4 habis pada ARIN ini maka jawabannya adalah karena Karena banyaknya ISP, Perusahaan, ataupun pendidikan yang membutuhkan IP Publik. Kita Juga mengingat bahwa negara hebas seperti US atau Amerika berada di daerah region ARIN sehingga ARIN harus memenuhi kebutuhan pada Negara Tersebut.

Bagaimana dengan APNIC

Indonesia berada di regional APNIC, gambar berikut memperlihatkan regional dari APNIC

sumber: https://www.apnic.net/about-apnic/organization/apnics-region/

Apnic menangani wilayah Asia Pasific Region. yang dimana Indonesia termasuk. jadi kalau melihat grafik run-down maka IPv4 pada APNIC akan deplented pada pertengahan tahun 2020-2021.

Sekarang kita akan melihat Grafik perbandingan IPv4 yang sudah digunakan dan juga IPv4 yang masih dapat disewa atau dibeli di APNIC.

Sumber :https://www.apnic.net/community/ipv4-exhaustion/graphical-information/

Ipv4 dengan /8 (slash 8) telah digunakan sebanyak 51,9 sedangkan IPv4 untuk /8 hanya tersisa 0,42. Lantas berapakah Total IP yang masih ada pada APNIC?

Total IPv4 yang dimiliki APNIC

Sampai saat ini APNIC memiliki 0,42 dari ip /8. Kita akan menghitung Total IP dari 0,42 /8 ini. pertama kita cari tahu dulu berapa total ip dari /8. untuk mencari total ip dari /8 maka 2 pangkat 24 artinya ada lebih dari 16 Juta IP untuk /8. karena hanya 0,42 maka artinya APNIC saat ini memiliki IPv4 kurang dari 8 juta IPv4.

 

Meskipun hanya tersisa kurang dari 8 juta ip APNIC mengatakan bahwa butuh beberapa tahun untuk menghabiskan IPv4 tersebut. Perkataan ini ada benarnya mengingat bahwa grafik pertumbuhan IPv4 pada 7 tahun terakhir tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya

Sumber: https://stats.apnic.net/

Perlukah Migrasi ke IPv6?

kalau ditanya perlu atau tidaknya maka tentu saja perlu mengingat beberapa tahun kedepan penggunaan IPv4 akan tergantikan dengan adanya IPv6. Sebagai Network Engineer ataupun Mahasiswa, bahkan Siswa sekalipun sudah saat nya untuk mempelajari IPv6 ini.

Sumber Gambar Utama :http://www.silicon.co.uk/workspace/ip-addresses-uk-government-dwp-petition-93069

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Juli 14, 2017

    […] 1. Basics => IPv4 Habis? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *