Cara Export dan Import Database MySQL dengan HeidiSQL

Nah, sebelumnya kita sudah mempelajari Mengelola database dengan HeidiSQL. Sekarang kita akan mempelajari cara import dan export database mySQL dengan HeidiSQL.

Export merupakan bagian pentig dalam suatu database karena dengan menggunakan tool export maka kita akan dapat membagikan suatu database kepada rekan kerja tanpa harus khawatir adanya perbedaan pada suatu database.

Selain itu Export juga berfungsi sebagai backup suatu database jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Export Database MySQL dengan HeidiSQL

Export database adalah cara untuk menyimpan database, tabel, dan juga data kedalam sebuah file agar nantinya dapat digunakan. kita dapat memiliki apakah ingi menyimpan semua database, atau hanya ingin menyimpan beberapa tabel dalam suatu database.

Pada tutorial ini kita akan menyimpan database kedalam file yaitu database yang pernah kita buat sebelumnya pada tutorial sebelumnya.

Pertama pada database db_itborneo, teman-teman bisa menggunakan database lain yang ingin di-export. klik kanan pada database tersebut kemudian pilih Export database as SQL

Setelah itu pada SQL export berikan check pada Database(s) Create dan juga Table(s) Create untuk menyimpan database dan juga table dari database. Kemudian arahkan filename ke tempat file akan disimpan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa db_itborneo telah diberikan tanda check. Setelah itu klim Export

Setelah diexport maka akan muncul tulisan seperti dibawah ini yang berarti bahwa export telah selesai dan berhasil.

Import Database MySQL menggunakan HeidiSQL

Setelah file database mySQL telah kita dapatkan maka selanjutnya kita dapat meng-import file tersebut kedalam komputer lain yang belum memiliki database db_itborneo.

Caranya double klik pada file database yang telah di-import sebelumnya kemudian open lewat heidiSQL.

Selanjutnya tombol biru seperti dibawah ini untuk menyimpan database yang ada pada database db_itborneo.sql

Pada langkah terakhir kita hanya perlu menekan F5 untuk melihat perubahan pada database pada heidiSQL

Jika ada pertanyaan atau ada penjelasan yang kurang jelas, teman-teman bisa comment dibawah dan kami akan berusaha membantu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *