Tutorial Cara Install Windows 7 dengan Mudah

Hallo teman-teman IT Borneo, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall windows 7. Disini teman-teman bisa menggunakan flashdisk ataupun DVD tergantung teman-teman menyediakan yang mana.

Oke Langsung saja

Cara Menginstall Windows 7

Step 1. Booting menggunakan bootable windows 7

Setelah flashdisk atau dvd telah dimasukkan kedalam pc atau laptop maka arahkan booting ke flashdisk tersebut. Jika sudah mengarah ke flashdisk atau dvd tersebut akan akan muncul seperti dibawah ini.

Jika sudah muncul seperti gambar diatas maka teman-teman dapat menekan tombol apa saja agar dapat masuk kedalam bootingan windows 7 agar dapat memulai install windows 7 atau install ulang windows 7

Sebagai informasi tambahan meskipun teman-teman menggunakan flashdisk untuk membuat bootable windows 7 yang akan muncul seperti diatas yaitu press any key to boot from CD or DVD.

Step 2. Mengubah Time and Currency Format

Selanjutnya kita akan dibawah ke tampilan awal instalasi windows 7 yaitu menanyakan bahasa, waktu dan format mata uang, dan juga keyboard type. Disini kita tidak perlu mengubah semua settingan tersebut. Kita hanya perlu mengubah yang kita butuhkan yaitu time and currency format menjadi indonesia agar waktu dan juga mata uang akan mengikuti format indonesia.

Setelah memasukkan settingan tersebut akan sekarang kita hanya perlu menekan tombol Next.

Step 3. Mengklik Install Now

Selanjutnya adalah konfirmasi bahwa kita akan memulai install windows 7 atau install ulang windows yang kita miliki. Dalam gambar ini juga memiliki fitur yang kedepannya bisa sangat bermanfaat ketika dibutuhkan yaitu  Repair your computer, fitur tersebut akan teman-teman butuhkan ketika terjadi error pada windows yang dimana windows akan mencoba untuk membatu mencari dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada pc yang bermasalah tersebut.

Pada step ini kita mulai install window 7 atau install ulang dengan mengklik Install now

Step 4. Menyetujui Licence Terms

Selanjutnya adalah persetujuan mengenai aturan dari windows. Pada halaman ini teman-teman mungkin perlu untuk membaca secara detail mengenai license terms ini.

Jika teman-teman sudah yakin maka pada step ini beri check pada I accept the license terms kemudian klik Next untuk melanjutnkan instalasi ke tahap selanjutnya.

Step 5. Memilih Custom Instal

Selanjunya kita akan memilh tipe install windows 7 ini. Disini ada dua pilihan yaitu Upgrade dan juga Custom. Upgrade diperlukan ketika teman-teman ingin menaikkan versi windows ke windows 7 dari windows sebelumnya. Bisa dari windows xp, vista, ataupun yang lainnya yang masih support untuk windows 7

Selanutnya adalah Custom, adalah cara install windows 7 yang dimana kita akan menentukan seperti apa instalasinya dan juga setiap data yang ada di local disk C akan di hapus. Metode Custom ini adalah metode instal

l ulang yang menjadi rekomendasi karena dengan metode ini maka kita akan menginstall windows baru,  yang dimana akan menghindari virus yang ada dari windows lama.

Pada step ini pilih Custom(advanced)

Step 6. Membuat Partisi Baru

Kemudian pada step ini adalah bagian yang paling penting. Pastikan bahwa teman-teman telah memilih menginstall pada partisi yang benar. Karena jika salah maka data yang ada di partisi data akan terhapus.

Pada step ini kita memiliki hardisk baru yang dimana masih belum memiliki windows lama apapun. Jadi pada step ini kita akan membuat partisi terlebih dahulu dengan mengklik tombol New.

Jika teman-teman memiliki data penting yang ada di local di D atau partisi data maka teman-teman bisa langsung melanjutkan ke step selanjutnya yaitu step 9.

Part 7. menentukan size Local Disk C

Setelah mengkik new maka tentukan besar partisi yang akan diinstal, disini saya menggunakan 25598 Mb atau seluruh hardisk yang saya gunakan. Teman-teman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Rekomendasi saya adalah teman-teman bisa menggunakan sekitar 100 Gb atau 10000 Mb agar mencukupi setiap aplikasi yang install di windows.

Part 8. Mengijinkan Windows menginstall partisi tambahan

Pada step ini windows akan meminta ijin untuk membuat partisi baru untuk system. Ini yang menjadi rekomendasi untuk menginstall windows 7 dengan partisi yang didelete terlebih dahulu karena windows akan membuatkan partisi tambahan untuk system.

Pada step ini klik OK

Part 9. Menginstall windows 7 di partisi

Setelah ada partisi yang akan digunakan untuk menginstall windows maka selanjutnya adalah memilih partisi tersebut dan mengklik tombol next untuk memulai instalasi windows 7.

Pastikan teman-teman memilih partisi yang benar jika dibawah ini ada tampil beberapa partisi. Jika teman-teman memiliki partisi data dan juga windows maka pastikan bahwa teman-teman memilih partisi windows untuk diinstall windows bukan partisi data.

Setelah memilih partisi maka selanutnya klik Next

Part 10. Waiting Time

Pada tahap ini kita dapat menunggu hingga windows menyelesaikan beberapa bagian.

Part 11. Restart ( bisa auto juga)

Pada tahap ini windows akan restart. Teman-teman bisa membiarkan windows untuk restart sendiri atau teman teman dapat menekan tombol Restart Now untuk restart secara langsung

Part 12. Jangan booting lewat DVD atau flashdisk

Ini merupakan bagian penting. pastikan teman-teman booting tidak lagi melalui dvd ataupun flashdisk.

Pada tahap ini teman-teman tidak perlu melakukan apa-apa. tinggal tunggu.

Part 13. Menunggu (lagi)

Oke, Kita masih perlu menunggu beberapa menit lagi

 

Part 14. Mengisi Nama PC

Pada tahap ini instalasi windows telah selesai.

Sekarang kita hanya perlu mengisi bebera informasi penting. yang pertama adalah mengisi nama PC windows 7. Saya menggunakan nama IT Borneo. kemudian tekan tombol next

Part 15. Mengisi password (jika ingin)

Selanjutnya adalah mengisi password, ini hanya pilihan. jika teman-teman ingin menggunakan password maka silahkan isi password dibawah. jika tidak maka langsung menuju ke step selanjutnya dengan menekan tombol next

Part 16. memasukkan license windows 7 (jika sudah punya)

Pada tahap ini silahkan masukkan licence windows 7 jika teman-teman sudah memiliki licence windows 7.

17. Mengaktifkan perlindungan windows

18. Mengatur waktu Pc

19. Mengatur Jenis jaringan yang digunakan

20. Enjoy your windows 7

Oke, selesai sudah cara install windows 7. Nantikan artikel lain dan juga tutorial install windows 7 dengan video.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *