Apa itu Windows Server Domain

Kita akan mengenal salah satu fungsi yang menarik pada Windows Server yaitu Windows Server Domain. Apa sih maksud Windows Server Domain? 
Windows Server Domain ini adalah salah satu fitur yang dimiliki windows yang dimana dengan fitur ini kita dapat mengelompokkan PC menjadi satu. contohnya perusahaan IT-Borneo mengelompokkan karwannya kedalam satu domain yaitu IT-Borneo. jadi yang dikelompokkan disini adalah PC yang ada dalam perusahaan tersebut.
Permisalan dengan topologi dibawah ini.
Dengan topologi diatas kita pasti tahu bahwa setiap PC memiliki ijin akses yang berbeda-beda. contohnya; hanya HRD dan boss saja yang boleh membuat file data-data keuangan yang ada pada perusahaan.
Untuk itu diperlukan aturan agar security ataupun pc selain yang dimaksudkan tidak boleh mengakses file tersebut. Nah, dengan Server Domain ini maka kita dapat mengelompokkan file-file yang hanya boleh dibuka oleh HRD dan boss.
Jadi Dengan Domain pada windows server ini kita dapat mengelompokkan komputer-komputer dengan mudah. Jadi Pc yang dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya pc pc yang ada dalam sebuah perusahaan akan lebih terstruktur. 
Implementasi ini sangat cocok untuk dijalankan perusahaan menengah keatas yang dimana semua pc akan memiliki ijin yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Dengan sistem yang seperti ini juga akan membuat pc tersebut menjadi lebih aman karena berbeda dengan standalone yaitu workstation.
 
Workgroup Vs Domain  
Teman-teman pasti sering membaca tulisan workgroup ini pada laptop atau pc teman-teman yang tentunya menggunakan os windows. contohnya seperti ini
Pada menu Workgroup tertulis workgroup yang artinya modenya adalah wordgroup. nah, maksud workgroup adalah yang pc tersebut adalah standalone, yang dimana pc tersebut tidak tergabung dengan domain. ketika sebuah pc tidak tergabung kedalam maka bisa saja Pc tersebut di-utak atik oleh user sehingga kita perlu mengerjakan pc tersebut lagi dan lagi.
 Dengan Domain maka pc tersebut akan memiliki password sendiri yang dimana user tidak dapat mengubah password tersebut. dan kita dapat me-manage komputer yang banyak tanpa harus mengerjakan sebuah pc berulang-ulang.
 
Domain Controller
Apa itu domain controller? nah, domain controller ini adalah sebuat untuk server yang menjalankan domain utama dan juga server yang bertugas untuk me-manage pc user yang ada. Jadi ketika kita mengaktifkan sebuah Server domain maka server ini lah yang disebut Domain Controller. data pada Domain Controller ini disimpan pada Active Directory.

Active Directory
Apa itu Active Directory? Untuk active directory ini adalah tempat penyimpanan atau directory pada umumnya yang dimiliki oleh Windows Server. Jadi pada active directory ini disimpan informasi seperti user password ataupun informasi yang lainnya yang dimana pc tersebut tergabung dalam domain. 
 
Oke, silahkan comment jika ada yang ingin ditanyakan. 
 
 
 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *