Apa Itu Mikrotik?

Halo sobat it-borneo, kali ini it-borneo akan membahas tentang Mikrotik

Sebelumnya sobat tau gak apa itu router? 
Kalau belum it-borneo bahas dulu ya sobat. Nah, Router adalah sebuah device yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda. Contohnya adalah jaringan server facebook dan jaringan rumah sobat.Apakah jaringan rumah sobat dekat dengan server facebook? tentu tidak, jangankan untuk dekat dengan server facebook. network yang digunakan oleh facebook dengan rumah sobat pasti berbeda.

 

pertannyaannya sekarang adalah bagaimana caranya sobat dapat mengakses facebook dari rumah sobat?

Oleh karena itu diperlukan sebuah device yang akan menghubungkan jaringan facebook dan juga jaringan sobat yaitu router.

Ketika sobat ingin mengakses facebook maka router yang akan bertugas untuk memberitahukan jalan yang perlu digunakan agar anda dapat mengakses facebook. disini router berperan penting sebagai penghubung sobat dengan internet.
Jadi intinya router digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda sehingga yang tadinya kita tidak dapat mengakses facebook dengan adanya router maka kita dapat terhubung ke facebook.
Apa hubungan router dan mikrotik?
Sebenarnya ada beberapa merk router dinataranya
 
Mikrotik adalah salah satu merk dari router yang sekarang banyak digunakan perusahaan-perusaan di indonesia walaupun perusahaan pembuat mikrotik ini berasal dari Latvia.Untuk seri Mikrotik itu ada banyak, mulai dari yang paling murah series hublite sampai yang sangat mahal seperti series ccr yang harganya bisa sampai puluhan juta rupiah. Untuk router,  Mikrotik sendiri memiliki dua jenis produck yaitu Routerboard dan juga RouterOS.

 

Perbedaanya adalah Routerboard itu satu paket dengan perangkat router sedangakan routerOS itu hanya berisikan license saja. Jadi kita perlu sebuah PC yang akan dijadikan Mikrotik routerOS. Kalau bisa dibilang mirip dengan Windows os maupun linux os.
Fitur Mikrotik

 

Fitur mikrotik sangatlah banyak mulai dari routing, Bandwidh management, Tunneling, vlan, dan banyak lagi. Dengan mikrotik kita dapat menghubungkan jaringan yang berbeda dengan fitur routing, jika juga dapat melimitasi bandwidth dengan fitur Queue. Kita bahkan dapat membuat tunneling untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang.
Mikrotik ini sangat banyak digunakan karena fitur tersebut, dengan satu perangkat kita dapat menggunakan banyak fitur yang dimana tentu akan mengurangi pengeluaran sebuah perusahaan.
Perbedaan Mikrotik dengan router lain
Selain harga dan juga fitur, yang tidak kalah pentingnnya adalah konfigurasi. Yang perlu diperhatikan bahwa biasanya router dengan merk yang berbeda memiliki konfigurasi yang berbeda pula. Untuk mengkonfigurasi router mikrotik berbeda dengan merk lain. Untuk mengkonfigurasi mikrotik kita dapat menggunakan dua cara yaitu menggunakan winbox dan juga menggunakan CLI.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *