Apa itu Byte dan Bit

Sekarang kita akan membahas apa itu Byte dan apa itu Bit. Sebelumnya teman-teman pasti sudah familiar dengan KB (kilobyte) MB (Megabyte), dan juga GB (Gigabyte), semua satuan tersebut sudah sering kita lihat pada Perangkat elektronik seperti pada pc maupun smartphone. Contohnya adalah penyimpanan pada Smarphone adalah 16 GB atau jumlah RAM pada sebuah pc adalah 4 GB

Tapi tahukan teman-teman, apakah 16 GB dan 4 GB itu adalah GigaByte ataukah Gigabyte? hmm, disini akan kita bahas keduanya apa itu Byte dan juga apa itu Bit.

Apa itu Bit

Bit merupakan satuan yang digunakan dengan simbol b (bit), penulisan b sendiri menggunakan huruf kecil. Bit (b) ini merupakan satuan paling terkecil dalam sebuah data. Entah itu data yang disimpan pada sebuah komputer atau bahkan sebuah data yang ditransfer melewati jaringan.

masih ingatkan teman-teman tentang Biner? yaitu 0 dan 1. Contoh bilangan biner adalah 10101. Maka berapa bit kah bilangan biner tersebut?

Jawabannya adalah 5 bit.

Image Source IT-borneo.id

Jadi dalah sebuah data yang memiliki nilai biner adalah 10101 memiliki 5 bit. Perhitungannya adalah bahwa Setiap digit angka akan bernilai 1 bit. karena 10101 memiliki 5 digit angka maka nilai bit nya adalah 5.

Apa itu byte

Sedangkat untuk Byte menggunakan satuan B (Byte) dengan penulisan huruf B Besar. Byte merupakan satuan yang sering digunakan untuk menujukkan ukuran suatu data. Misalnya adalah sebuah partisi local Disk C memiliki ukuran 100 GB seperti gambar berikut

Image Source IT-borneo.id

Byte inilah yang menjawab pertanyaan paling atas tadi yaitu 16 pada media penyimpanan dan 4 juga ram adalah Megabyte (MB). Alasannya adalah simbol yang digunakan yaitu MB dengan B huruf besar, bukan Mb dengan b huruf kecil.

Hubungan Bit dan Byte

Jika Bit adalah satuan terkecil data dan juga Byte adalah satuan yang digunakan pada data maka apakah hubungan Bit dan Byte?

8 Bit = 1 Byte

Jadi hubungan Bit dan Byte adalah bahwa 8 bit sama dengan 8 Byte.

Kenapa bandwidth 10 Mb tapi download cuman sampai 2 MB / detik ?

Pernakah teman-teman berlangganan ISP yang katanya 5 Mb tapi kok download cuman bisasampai 1MB ? atau teman-teman melakukan speed test untuk mengecek berapa bandwidth yang teman-teman dapatkan dari suatu ISP ? seperti contoh berikut ini.

Image Source IT-borneo.id

Gambar diatas adalah salah satu contoh bandwidth yang didapatkan dari suatu ISP, kemudian bagaimana speed saat download nya? Berikut ini gambaran saat saya mencoba download dengan bandwidth 6 Mbps

Image Source IT-borneo.id

Yup, saat download hanya mampu 726 KBps. kenapa bisa?

Satuan yang digunakan bandwidth adalah Mbps (Mega bit per second) sedangkan satuan yang digunakan speed transfer adaah  KBps ( Kilo Bytes per second) jadi kalau bandwidth yang kita dapatkan adalah 6 Mbps maka speed yang seharusnya kita dapatkan maksimal adalah 0,75 MBps atau 750 KBps.

Kenapa bisa 750 KBps ? ini karena konversi dari bit ke Bytes. ingat 8 bit sama dengan 1 Bytes. jadi

8 b = 1 Bytes

8 kb = 1KB

8 Mb = 1 MB

Jadi jangan heran kalau teman-teman biasa berlangganan ISP 10 Mbps tetapi speed Download hanya dapat mencapai 1,25 MBps.

 

Sumber Article:
Experience, Study, Jalawave.net.id, id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *